BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Lembaga pendidikan
adalah tempat transfer
ilmu pengetahuan dan
budaya (Peradaban). Melalui
praktik pendidikan, peserta
didik diajak untuk
memahami bagaimana sejarah
atau pengalaman budaya
dapat ditransformasi dalam
zaman kehidupan yang
akan mereka alami
serta mempersiapkan mereka
dalam menghadapi tntangan
dan tuntutan yang
ada di dalamnya. Dengan
demikian, makna pengetahuan
dan kebudayaan sering
kali dipaksakan untuk
dikombinasikan karena adanya
pengaruh zaman terhadap
pengetahuan jika ditransformasikan.
Oleh
karena itu pendidikan
bertujuan untuk mempersiapkan
masyarakat baru yang
lebih ideal, yaitu
masyarakat yang mengerti
hak dan kewajiban dan
berperan aktif dalam proses pembangunan
bangsa. Melalui kegiatan
pendidikan, gambaran tentang
masyarakat yang ideal
itu dituangkan kedalam
alam pikiran peserta
didik sehingga terjadi
proses pembentukan dan
perpindahan budaya. Pemikiran
ini mengandung makna
bahwa lembaga pendidikan
sebagai tempat pembelajaran
manusia memiliki fungsi
sosial (agen perubahan
di masyarakat).
B.
Metode Penulisan
Untuk
mendapatkan data dan
informasi yang diperlukan,
kami mempergunakan tehnik
studi kepustakaan dan
studi pustaka. Tidak
hanya itu, kami
juga mencari bahan
dan sumber-sumber dari
media massa elektronik
yang berjangkauan internasional
yaitu, Internet.
A.
Rumusan Masalah
a. Apakah
pengertian dari lembaga
pendidikan ?
b. Apa
saja macam-macam lembaga
pendidikan ?
c. Apa
yang dimaksud dengan
tripusat lembaga pendidikan ?
d. Apa saja
fungsi dan peran
lembaga pendidikan ?
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
LEMBAGA PENDIDIKAN
Lembaga
pendidikan merupakan sebuah
institusi pendidikan yang menawarkan
pendidikan formal mulai
dari yang jenjang
pra-sekolah sampai jenjang
pendidikan yang lebih
tinggi, baik yang
bersifat umum maupun khusus. Lembaga
pendidikan juga merupakan
sebuah institusi sosial
yang menjadi agen
sosialisasi lanjutan setelah
lembaga keluarga.
Lembaga pendidikan
atau yang kerap
disebut sekolah juga
merupakan sebuah institusi
yang akan mengenalkan
berbagai nilai dan norma yang
berlaku dalam masyarakat.
B. Macam-Macam
Lembaga Pendidikan
a. Pendidikan Formal
Pendidikan formal
adalah kegiatan yang
sistematis,
bertingkat/berjenjang,
dimulai dari sekolah
dasar sampai dengan
perguruan tinggi dan
yang setaraf dengannya,
yang dilaksanakan dalam
waktu yang terus
menerus
b. Pendidikan Informal
Pendidikan Informal
adalah jalur pendidikan
keluarga dan lingkungan
berbentuk kegiatan belajar
secara mandiri yang
dilakukan secara sadar dan
bertanggung jawab.
c.
Pendidikan Non Formal
dan tidak terpenuhi
pada jalur pendidikan
formal, selain itu
pendidikan non formal
ini terbilang cukup
hemat waktu dan
biaya.
C. Tripusat
Lembaga Pendidikan
Tri
pusat pendidikan adalah
tiga pusat yang
bertanggung jawab atas
terselenggaranya pendidikan terhadap
anak yaitu:
Ø Pendidikan
Keluarga adalah tempat
yang sebaik-baiknya untuk
melakukan pendidikan individu
maupun social. Oleh
karena itu keluarga
adalah tempat pendidikan
yang sempurna untuk
melangsungkan pendidikan kearah
pembentukan pribadi yang
utuh.
Ø Pendidikan
Sekolah adalah sarana
yang secara sengaja
dilaksanakan untuk melaksanakan
proses pendidikan. Sekolah
bertanggung jawab atas
pendidikan anak-anak selama
mereka diserahkan kepadanya.
Ø Pendidikan Masyarakat
adalah aspek penting
dimana hal ini
menunjukkan segala pembelajaran
tentang kemasyarakatan hanya
berlangsung di masyarakat.
Tidak ada orang
yang menjadi mahkluk
sosial karena belajar
dengan membaca buku,
namun dengan interaksi
sesamanya.
D. Fungsi
dan Peran Lembaga
Pendidikan
Secara umum
fungsi lembaga pendidikan
adalah membantu peserta
didik dalam interaksi
dengan berbagai lingkungan
sekitarnya.
1. Lembaga
Pendidikan Keluarga
Keluarga memiliki
tugas utama dalam
peletakan dasar pendidikan
akhlak dan pandangan
hidup keagamaan, dikatakan
pertama karena keluarga
adalah tempat dimana
anak pertama kali
mendapat pendidikan.
> Fungsi dan
Peran Pendidikan Keluarga
- memberikan
dasar pendidikan sosial
- peletakkan
dasar-dasar keagamaan
2. Lembaga
Pendidikan Sekolah
Sekolah menjadi
produsen penghasil indidvidu
yang berkemampuan secara
intelektual dan skill.
> Fungsi Lembaga
Sekolah
- mengembangkan
kecerdasan pikiran dan
memberikan pengetahuan anak
didik
- sosialisasi,
yaitu proses perkembangan
individu menjadi mahkluk
sosial yang mampu
beradaptasi dengan masyrakat.
- konservasi
dan transmisi kultural,
yaitu pemeliharaan warisan
budaya, dapat dilakukan
dengan cara pencarian
dan penyampaian budaya
pada anak didik
selaku generasi muda.
> Peran Lembaga
sekolah
- tempat
anak didik belajar
bergaul, baik sesamanya,
dengan guru dan
dengan karyawan.
- tempat
anak didik belajar
mentaati peraturan sekolah.
3. Lembaga
Pendidikan Masyrakat
BAB III
PENUTUP
A.
Dalam
sistem pendidikan nasional
pendidikan seumur hidup
dikelola atas tanggung
jawab keluarga, sekolah
dan masyarakat. Dimana
masing-masing mempunyai tanggung
jawab yang terpadu
dalam rangka pencapaian
tujuan nasional.
Keluarga sebagai
lingkungan pertama, bertanggung
jawab untuk memberikan
dasar dalam menumbuh
kembangkan anak sebagai
mahkluk individu, sosial,
susila, dan religius.
Sekolah sebagai
lingkungan kedua bertugas
mengembangkan potensi dasar
yang dimiliki masing-masing
individu agar mempunyai
kecerdasan intelektual dan
mental.
Masyarakat sebagai
lembaga ketiga memberikan
anak kemampuan penalaran,
keterampilan, dan sikap.
Juga menjadi ajang
pengoptimalan perkembangan diri
setiap individu.
B. Saran
Kami dari
penyusun makalah ini
menyadari sepenuhnya bahwa
dalam penyusunan isi
makalah masih banyak
terdapat kekurangan dan
kekeliruan baik dari
segi kata bahasa
dan kalimat, untuk
itu kritik dan
saran yang sifatnya
membangun sangat kami
harapkan demi perbaikan
penyusunan makalah selanjutnya.
Mudyahardjo,
Redja.2002. ”Pengantar
Pendidikan” .PT Raja Grafindo:Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar