Breaking News

Senin, 23 Mei 2016

Makalah Pengantar Pendidikan : Lembaga Pendidikan



BAB  I 
PENDAHULUAN

A.  Latar  Belakang 
Lembaga  pendidikan  adalah  tempat  transfer  ilmu  pengetahuan  dan  budaya  (Peradaban).  Melalui  praktik  pendidikan,  peserta  didik  diajak  untuk  memahami  bagaimana  sejarah  atau  pengalaman  budaya  dapat  ditransformasi  dalam  zaman  kehidupan  yang  akan  mereka  alami  serta  mempersiapkan  mereka  dalam  menghadapi  tntangan  dan  tuntutan  yang  ada  di dalamnya.  Dengan  demikian,  makna  pengetahuan  dan  kebudayaan  sering  kali  dipaksakan  untuk  dikombinasikan  karena  adanya  pengaruh  zaman  terhadap  pengetahuan  jika  ditransformasikan. 
Oleh  karena  itu  pendidikan  bertujuan  untuk  mempersiapkan  masyarakat  baru  yang  lebih  ideal,  yaitu  masyarakat  yang  mengerti  hak dan  kewajiban  dan  berperan  aktif  dalam  proses  pembangunan  bangsa.  Melalui  kegiatan  pendidikan,  gambaran  tentang  masyarakat  yang  ideal  itu  dituangkan  kedalam  alam  pikiran  peserta  didik  sehingga  terjadi  proses  pembentukan  dan  perpindahan  budaya.  Pemikiran  ini  mengandung  makna  bahwa  lembaga  pendidikan  sebagai  tempat  pembelajaran  manusia  memiliki  fungsi  sosial  (agen  perubahan  di  masyarakat).

B.  Metode  Penulisan
          Untuk  mendapatkan  data  dan  informasi  yang  diperlukan,  kami  mempergunakan  tehnik  studi  kepustakaan  dan  studi  pustaka.  Tidak  hanya  itu,  kami  juga  mencari  bahan  dan  sumber-sumber  dari  media  massa  elektronik  yang  berjangkauan  internasional  yaitu,  Internet.

A.       Rumusan  Masalah
a.     Apakah  pengertian  dari  lembaga  pendidikan ?
b.     Apa  saja  macam-macam  lembaga  pendidikan ?
c.     Apa  yang  dimaksud  dengan  tripusat  lembaga  pendidikan ?
d.   Apa  saja  fungsi  dan  peran  lembaga  pendidikan ?   
BAB  II
PEMBAHASAN

A.  PENGERTIAN  LEMBAGA  PENDIDIKAN 
      Lembaga  pendidikan  merupakan  sebuah  institusi pendidikan  yang  menawarkan  pendidikan  formal  mulai  dari  yang  jenjang  pra-sekolah  sampai  jenjang  pendidikan  yang  lebih  tinggi,  baik  yang  bersifat  umum  maupun khusus.  Lembaga  pendidikan  juga  merupakan  sebuah  institusi  sosial  yang  menjadi  agen  sosialisasi  lanjutan  setelah  lembaga  keluarga.
       Lembaga  pendidikan  atau  yang  kerap  disebut  sekolah  juga  merupakan  sebuah  institusi  yang  akan  mengenalkan  berbagai  nilai  dan  norma  yang  berlaku  dalam  masyarakat. 

B.  Macam-Macam  Lembaga  Pendidikan 
    a.  Pendidikan  Formal 
                Pendidikan  formal  adalah  kegiatan  yang  sistematis,  bertingkat/berjenjang,  dimulai  dari  sekolah  dasar  sampai  dengan  perguruan  tinggi  dan  yang  setaraf  dengannya,  yang  dilaksanakan  dalam    waktu  yang  terus  menerus
     b.  Pendidikan  Informal 
                Pendidikan  Informal  adalah  jalur  pendidikan  keluarga  dan  lingkungan  berbentuk  kegiatan  belajar  secara  mandiri  yang  dilakukan secara  sadar  dan  bertanggung  jawab. 
     c.  Pendidikan  Non  Formal 
    
           Pendidikan  non  formal  merupakan  pendidikan  alternatif  setelah  pendidikan  formal.  contohnya  seperti  Kursus,  kursus  sebagai  salah  satu  bentuk  peyelengaraan  pendidikan  pada  jalur  pendidikan  non  formal  mempunyai  kaitan  yang  sangat  erat  dengan  jalur  pendidikan  formal.  tujuannya  untuk  memberikan  kesempatan  bagi  peserta  didik  yang  ingin  mengembangkan  pendidikan  keterampilan  yang  tidak  dapat  ditempuh  dan  tidak  terpenuhi  pada  jalur  pendidikan  formal,  selain  itu  pendidikan  non  formal  ini  terbilang  cukup  hemat  waktu  dan  biaya. 

dan  tidak  terpenuhi  pada  jalur  pendidikan  formal,  selain  itu  pendidikan  non  formal  ini  terbilang  cukup  hemat  waktu  dan  biaya. 

C.  Tripusat  Lembaga  Pendidikan 
       Tri  pusat  pendidikan  adalah  tiga  pusat  yang  bertanggung  jawab  atas  terselenggaranya  pendidikan  terhadap  anak  yaitu:
Ø  Pendidikan  Keluarga  adalah  tempat  yang  sebaik-baiknya  untuk  melakukan  pendidikan  individu  maupun  social.  Oleh  karena  itu  keluarga  adalah  tempat  pendidikan  yang  sempurna  untuk  melangsungkan  pendidikan  kearah  pembentukan  pribadi  yang  utuh.
Ø   Pendidikan  Sekolah  adalah  sarana  yang  secara  sengaja  dilaksanakan  untuk  melaksanakan  proses  pendidikan.  Sekolah  bertanggung  jawab  atas  pendidikan  anak-anak  selama  mereka  diserahkan  kepadanya.
Ø  Pendidikan  Masyarakat  adalah  aspek  penting  dimana  hal  ini  menunjukkan  segala  pembelajaran  tentang  kemasyarakatan  hanya  berlangsung  di  masyarakat.  Tidak  ada  orang  yang  menjadi  mahkluk  sosial  karena  belajar  dengan  membaca  buku,  namun  dengan  interaksi  sesamanya.
     

D.  Fungsi  dan  Peran  Lembaga  Pendidikan 
        Secara  umum  fungsi  lembaga  pendidikan  adalah  membantu  peserta  didik  dalam  interaksi  dengan  berbagai  lingkungan  sekitarnya. 
1.   Lembaga  Pendidikan  Keluarga 
       Keluarga  memiliki  tugas  utama  dalam  peletakan  dasar  pendidikan  akhlak  dan  pandangan  hidup  keagamaan,  dikatakan  pertama  karena  keluarga  adalah  tempat  dimana  anak  pertama  kali  mendapat  pendidikan. 
>  Fungsi  dan  Peran  Pendidikan  Keluarga 

  -  menanamkan  dasar  pendidikan  formal 
  -  memberikan  dasar pendidikan  sosial 
  -  peletakkan  dasar-dasar  keagamaan 

2.   Lembaga  Pendidikan  Sekolah 
           Sekolah  menjadi  produsen  penghasil  indidvidu  yang  berkemampuan  secara  intelektual  dan  skill.
>  Fungsi  Lembaga  Sekolah 
   -  mengembangkan  kecerdasan  pikiran  dan  memberikan  pengetahuan  anak  didik 
   -  sosialisasi,  yaitu  proses  perkembangan  individu  menjadi  mahkluk  sosial  yang  mampu  beradaptasi  dengan  masyrakat.
   -  konservasi  dan  transmisi  kultural,  yaitu  pemeliharaan  warisan  budaya,  dapat  dilakukan  dengan  cara  pencarian  dan  penyampaian  budaya  pada  anak  didik  selaku  generasi  muda. 


>  Peran  Lembaga  sekolah 
   -  tempat  anak  didik  belajar  bergaul,  baik  sesamanya,  dengan  guru  dan  dengan  karyawan. 
  -  tempat  anak  didik  belajar  mentaati  peraturan  sekolah.

3.  Lembaga  Pendidikan  Masyrakat 

         Masyarakat  mempunyai  peranan  penting  dalam  upaya  ikut  serta  menyelenggarakan  pendidikan,  karena  membantu  pengadaan  sarana  dan  prasarana  dan  menyediakan  lapangan  kerja. 


BAB  III
PENUTUP

A.  
   
 Kesimpulan
     Dalam  sistem  pendidikan  nasional  pendidikan  seumur  hidup  dikelola  atas  tanggung  jawab  keluarga,  sekolah  dan  masyarakat.  Dimana  masing-masing  mempunyai  tanggung  jawab  yang  terpadu  dalam  rangka  pencapaian  tujuan  nasional.
Keluarga  sebagai  lingkungan  pertama,  bertanggung  jawab  untuk   memberikan  dasar  dalam  menumbuh  kembangkan  anak  sebagai  mahkluk  individu,  sosial,  susila,  dan religius.
Sekolah  sebagai  lingkungan  kedua  bertugas  mengembangkan  potensi  dasar  yang  dimiliki  masing-masing  individu  agar  mempunyai  kecerdasan  intelektual  dan  mental.
Masyarakat  sebagai  lembaga  ketiga  memberikan  anak  kemampuan  penalaran,  keterampilan,  dan  sikap.  Juga  menjadi  ajang  pengoptimalan  perkembangan  diri  setiap  individu.

B.    Saran
Kami  dari  penyusun  makalah  ini  menyadari  sepenuhnya  bahwa  dalam  penyusunan  isi  makalah  masih  banyak  terdapat  kekurangan  dan  kekeliruan  baik  dari  segi  kata  bahasa  dan  kalimat,  untuk  itu  kritik  dan  saran  yang  sifatnya  membangun  sangat  kami  harapkan  demi  perbaikan  penyusunan  makalah  selanjutnya.     
    




DAFTAR PUSTAKA
Mudyahardjo,  Redja.2002. ”Pengantar  Pendidikan” .PT  Raja  Grafindo:Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By