Laporan
Pelaksanaan
Magang 2
Di
SMA DATOK SULAIMAN PALOPO
Disusun
Oleh
Muh.
Yunus
(1301401077)
Program
Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Cokroaminoto Palopo
2015
Pengesahan
Laporan Magang 2
Disusun
Oleh
Muh. Yunus
(1301401077)
Mengesahan,
Kepala Sekolah Dosen
Pembimbing
(Muh. Saedi,S.Pd.,M.Pd) (Yuni Faryanti Sukri, S.Pd., M.Pd.)
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas segala rahmat dan
hidayah-Nya, sehingga proses penulisan laporan Magang 2 ini dapat diselesaikan
tepat pada waktunya.
Penulis
sadar bahwa apa yang telah penulis peroleh tidak semata-mata hasil jerih payah
penulis sendiri, tetapi hasil dari keterlibatan semua pihak. Oleh sebab itu
penulis menyampaikan terimakasih kepada :
1. Ibu
Yuni Faryanti Sukri, S.Pd., M.Pd.
selaku
Dosen pembimbing.
2. Bapak
Muh.Saedi,
S.Pd.,M.Pd. selaku kepala sekolah SMA DATOK SULAIMAN PALOPO
3. Ibu Nona Radhia Ahmad,
S.Pd. selaku guru pamong.
4. Bapak
dan ibu guru serta staf/karyawan
SMA DATOK SULAIMAN
5. Pihak-pihak
yang tidak dapat penulis sebutkan, atas bantuan, doa serta dukungannya yang
berhubungan dengan pelaksanaan Magang 2 ini.
Semoga
bantuan dan dukungan yang telah diberikan mendapatkan pahala dan hikmah dari Tuhan
Yang Maha Esa.
Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak
kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan
saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan
laporan Magang 2 ini.
Akhir
kata penulis berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.
Palopo, september 2015
Penyusun
DAFTAR
ISI
Sampul
Lembar pengesahan
Lembar Penilaian
Kata Pengantar
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Visi Misi Sekolah ................................................................................ 1
1.2
Profil Sekolah......................................................................................
1
BAB
II PROSEDUR
PELAKSANAAN
2.1 Jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan
Magang 2 ................. 3
2.2 Langkah-langkah menelaah................................................................ 3
BAB
III HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
3.1 Hasil Pelaksanaan................................................................................ 5
3.1.1
Deskripsi hasil telah kurikulum.................................................... 5
3.1.2
Deskripsi hasil telaah strategi pembelajaran yang digunakan
guru.............................................................................................. 7
3.1.3
Deskripsi hasil telaah rancangan RPP guru................................. 7
3.1.4
Deskripsi hasil telaah media pembelajaran yang digunakan
guru.............................................................................................. 8
3.1.5
Deskripsi hasil telaah sistem evaluasi pembelajaran yang
digunakan guru............................................................................ 8
3.2
Pembahasan.........................................................................................
8
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan........................................................................................... 11
4.2 Saran..................................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Visi
Misi Sekolah
VISI :
Menjadi Pondok Pesantren yang
berkualitas,mandiri dan berdaya saing
serta menjadi pusat unggulan pendidikan islam dan pengembangan masyarakat dalam upaya malahirkan generasi muslim
yang beriman berilmu dan beramal serta
menjadi warga Negara yang
bertanggung jawab .
MISI
:
a. Menyiapakan
tenaga kerja yang memilih iman dan taqwa
b. Jujur
dan dapat dipercaya untuk mengisi keperluan pembangunan
c. Menciptakan
tenaga kerja yang berkualitas dan professional dalam bilang agama dan
pengetahuan umum.
d. Penghasilan
tamatan yang mampu mandiri, mampu memberikan bekal keahlian profesi untuk
meningkatkan martabat dirinya.
e. Mengubah
status manusia menjadi manusia asset bangsa dan agama
f. Menjadi
salah satu pusat menetapkan kompetensi ilmu dan iman
1.2
Profil
Sekolah
a.
Nama Sekolah : SMA DATOK SULAIMAN PALOPO
b.
NDS : S. 090540010
c.
Status : Swasta dibawah Diknas
d.
Lokasi Sekolah Putra
: Jl. Dr. Ratulangi No. 16 Kec. Bara, Kota Palopo
Putri : Jl. Puang Haji Daud No. 5 Kec.
Wara, Kota Palopo
e.
Letak Geografis : 3°, 00’ 23 Lintang Selatan 120° 11,
53.6 Bujur Barat
f.
Kode Pos : 91914
g.
No Telp :
(0471) 21476
h.
Tahun Berdiri : 1985
i.
Kegiatan PBM : Pagi
j.
Kepala Sekolah
·
Nama : Muh. Saedi, S.Pd.,
M.Pd.
·
NIP : 19680607 199103 1
014
·
Pendidikan Terakhir : Magister (S2)
BAB II
PROSEDUR
PELAKSANAAN
2.1 Jumlah
siswa, tempat, dan waktu pelaksanan magang 2
Jumlah Siswa yang terdapat pada SMA
Datok Sulaiman palopo sebanyak 218 siswa dari 9 kelas.
Tempat pelaksanaan magang 2 yaitu
di SMA Datok Sulaiman Palopo putrid.
Waktu
pelaksanaan magang 2 pada SMA Datok Sulaiman Palopo yaitu dimulai pada tanggal
23 septerber 2015 dan berakhir pada 30 september 2015.
2.2
Langkah-langkah menelaah
Langkah langkah
yang saya gunakan dalam menelaah yaitu:
1. Kunjungan Ke_1
Pada hari rabu, 23 september 2015, Saya
Melihat lihat stuasi di lingkungan sekolah SMA DATOK SULAIMAN PALOPO
2.
Kunjungan Ke_2
Pada hari jumat tanggl 25 september
2015,saya Wawancara dengan wakaset kurikulum tentang magang 2
3. Kunjungan Ke_3
Pada hari
sabtu, tanggal 26 september
2015,saya melihat visi dan misi di sekolah SMA DATOK SULAIMAN PALOPO
4. Kunjungan Ke_4
Pada hari senin ,tanggal 28 september 2015 saya wawancara dengan guru pamong
5. Kunjungan Ke_5
Pada hari selasa ,tanggal 29 september,saya mengambil visi dan misi di
kantor SMA DATOK SULAIMAN PALOPO
6. Kunjungan Ke_6
Pada hari rabu ,tanggal 30 september
2015,saya mengambil surat tugas magang 2 dan lembaran observasi guru
pamong mahasiswa magang 2.
BAB
III
HASIL
PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
3.1 Hasil
Pelaksanaan
3.1.1 Diskripsi
Hasil Telaah Kurikulum
adalah
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam sejarah kurikulu m di
Indonesia, kita mengenal beberapa kurikulum. Pada Masa orde lama, di kenal
kurikulum 1947, 1952 dan 1964. Masa orde baru muncul kurikulum 1975 yang
disempurnakan menjadi Kurikulum CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) dan
disempurnakan lagi menjadi kurikulum 1994. Era reformasi, muncul kurikulum
2004, yang diberi nama kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Selama masa
berlakunya, KBK ini mengalami perubahan pada pola standar isi dan standar
kompetensi sehingga melahirkan kurikulum baru yang diberi nama Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Beberapa hal yang perlu dipahami dalam kaitannya dengan kurikulum tingkat
satuan pendidikan (KTSP) adalah sebagai berikut:
· KTSP
dikembangkan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan, potensi dan karakteristik
daerah, serta sosial budaya masyarakat setempat dan peserta didik.
· Sekolah
dan komite sekolah mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan
silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan,
di bawah supervisi dinas pendidikan kabupaten/kota, dan departemen agama yang
bertanggungjawab di bidang pendidikan.
· Kurikulum
tingkat satuan pendidikan untuk setiap program studi di perguruan tinggi
dikembangkan dan ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi dengan mengacu
pada Standar Nasional Pendidikan.
3.1.1.1 Landasan Filsafat
Struktur keilmuan dan perkembangan psikologis
siswa. Sehingga berdasar pada kompetensi lulusannya
3.1.1.2 Landasan Yuridis atau Hukum
Sedangkan KTSP dilandasi oleh undang-undang dan
peraturan pemerintah sebagai berikut:
· Undang-Undang Nomor
20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
· Peraturan Pemerintah
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
· Permendiknas No. 22
Tahun 2006 tentang Standar Isi
· Permendiknas No. 23
Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
· Permendiknas No. 24
Tahun 2006 tentang Pelaksanaan permendiknas no. 22 dan 23.
3.1.1.3 Prinsip KTSP
Hampir sama dengan KBK, KTSP dikembangkan
berdasarkan prinsip-prinsip berikut:
a. berpusat
pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya;
b. beragam
dan terpadu;
c. tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
d. relevan
dengan kebutuhan kehidupan;
e. menyeluruh
dan berkesinambungan;
f. belajar
sepanjang hayat;
g.
seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Bahwa beberapa faktor SMA Datok Sulaiman Palopo
menggunakan KTSP sebagai kurikulum sekolahnya karna :
a.
Kebijakan Pemerintah, yaitu
pemerintah sebagai pelaksana dari Peraturan yang ada untuk menerapkan Kurikulum
KTSP ke sekolah-sekolah tepatnya yang ada di Kota Palopo
b.
Mayoritas Guru belum siap menerapkan Kurikulum 2013,
disebabkan kebanyakan guru belum mendapat sosialisasi dari Implementasi
kurikulum 2013 ini, oleh sebab itu dalam kurikulum 2013 menjadi permasalahan
guru dalam mengajar.
3.1.2
Deskripsi Hasil Telaah Strategi Pembelajaran
Strategi
Pembelajaran yang dilakukan oleh Guru Pamong mata pelajaran PPKn di SMA Datok
Sulaiman terbagi atas Pendahuluan, Inti Kegiatan, dan Penutup.
Di Inti kegiatan PBM
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
Adapun Metode
yang digunakannya dalam proses pembelajaran antara lain :
a.
Ceramah
b.
Diskusi
3.1.3
Deskripsi Hasil Telaah rancangan RPP guru
Rancangan pelaksanaan pembelajaran,
atau disingkat RPP, adalah
pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk
membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.
Adapun didalam RPP tersebut mempunyai beberapa isi yaitu,
Nama sekolah, Mata
pelajaran, Kelas/semester, Standar kompetensi, Kompetensi dasar, Alokasi
waktu, Tujuan pembelajaran, Materi, Model dan metode
pembelajaran, dan Penilaian
Di dalam pembelajaran tepatnya mata pelajaran PPKn di SMA Datok Sulaiman
Palopo RPP pada kompetensi dasar mendeskripsikan pengertian dan prinsip prinsip
Budaya Politik, dan Demokrasi dapat dilihat dari kegiatan pembelajarannya.
3.1.4
Deskripsi Hasil Telaah media pembelajaran yang digunakan guru
Media pembelajaran secara umum
adalah alat bantu Proses Belajar Mengajar.
Yang digunakan Guru
didalam Proses Belajar Mengajar yaitu :
·
Buku
PKn dari berbagai penerbit
·
Power
Point
·
Visualisasi
Gambar
·
Media
Cetak
3.1.5
Deskripsi Hasil Telaah sistem
evaluasi pembelajaran yang digunakan guru
Yang digunakan Guru PPKn di SMA Datok Sulaiman Palopo untuk mengevaluasi
atau penilaian peserta didik yaitu :
·
Kognitif
·
Afektif
Apabila siswa tidak mencapai nilai standar dalam mata pelajarannya akan
dilakukan pengayaan dan remedial.
3.2. Pembahasan
Kurikulum adalah
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu, yang dipakai SMA Datok Sulaiman
Palopo yaitu KTSP (kurikulum tingkat satuan
pendidikan) dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar
kompetensi lulusan, di bawah supervisi dinas pendidikan kabupaten/kota, dan
departemen agama yang bertanggung jawab di bidang pendidikan, karna Kurikulum
2013 yang sempat dijadikan Kemendikbud sebagai kurikulum nasional akan tetapi
masih banyak kesiapan yang belum dijalankan sekolah. Strategi pembelajaran yang
dilakukan oleh guru PPKn di SMA Datok Sulaiman Palopo, Pendahuluan, Inti
Kegiatan, dan Penutup.
Di Inti kegiatan PBM
·
Eksplorasi
Siswa yang menguruaikan tujuan
demokrasi, dan menjelaskan budaya
politik dan demokrasi
·
Elaborasi
membagi siswa dalam
kelompok-kelompok kecil
·
Konfirmasi
menyimpulkan tentang hal hal yang
belum diketahui dan menjelaskannya
Adapun Metode
yang digunakannya dalam proses pembelajaran antara lain :
Ceramah
Menyiapkan bahan ajar yang
bersumber dari Buku, Internet dan Lingkungan
Diskusi
membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk saling
berdiskusi memberikan pendapatnya
Di dalam pembelajaran tepatnya mata pelajaran PPKn di
SMA Datok Sulaiman Palopo RPP pada kompetensi dasar mendeskripsikan pengertian
dan prinsip prinsip Budaya Demokrasi dapat dilihat dari kegiatan
pembelajarannya, media dalam proses pembalajaran
PPKn di SMA Datok Sulaiman Palopo antara lain :
Yang digunakan Guru didalam Proses Belajar
Mengajar yaitu :
·
Buku
PKn dari berbagai penerbit
Media ini sangat dibutuhkan pada proses belajar
mengajar untuk mencari sumber pengetahuan dari berbagai penerbit yang berbeda
·
Power
Point
Media yang diberikan Guru untuk menampilkan apa
yang akan disampaikan Guru dalam mata pelajaran itu untuk membuat siswa bisa
memperhatikan dan fokus dalam materi tersebut
·
Visualisasi
Gambar
Memberikan siswa pengetahuan yang bisa
dikembangkan dalam bentuk gambar yang sesuai dengan materi yang diberikan
·
Media
Cetak
Sumber pengetahuan siswa yang berdasarkan hasil liputan atau sumber dari
berbagai pihak sebagai acuan untuk memahami materi yang diberikan
Dan Sistem evaluasi yang digunakan pada proses
pembelajaran mata pelajaran PPKn di SMA Datok Sulaiman menggunakan dua jenis
penilaian yaitu
·
Kognitif
Penilaian yang dilakukan Guru
untuk mengevaluasi siswanya dari pengetahuan yang dimilikinya tentang mata
pelajaran itu, seperti pemberian ulangan harian atau semester dalam bentuk LKS
(Lembar Kerja Siswa), ataupun instrumen penilaian lainnya
·
Afektif
Penilaian yang dilakukan Guru
untuk mengevaluasi siswanya dari sikap yang dimilikinya pada proses
pembelajaran berlangsung, apalagi pada mata pelajaran PPKn, Guru menilai bukan
hanya dari sikap akan tetapi perilaku yang dimiliki siswanya baik berpakaian,
cara berjalan, bergaul dengan teman temannya dan lain lain
Apabila siswa
tidak mencapai nilai standar dalam mata pelajarannya akan dilakukan pengayaan
dan remedial, maksudnya siswa diberikan kembali dalam soal ulangannya kembali
yang dimana nomor soal yang dinilai tidak sesuai standar penilaian yang ada
akan diberikan untuk dikerjakan kembali, dan nilai yang remedial akan berbeda
dengan nilai siswa yang tidak ada pengulangan atau remedial
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1. Kesimpulan
Dari isi laporan Magang II diatas dapat saya simpulkan sebagaimana isi yang
ada didalam Laporan ini, saya dapat mengetahui pelaksanaan kegiatan belajar
mengajar di SMA Datok Sulaiman, tepatnya pada mata pelajaran PPKn yang
diberikan oleh Ibu Nona Rodhia Ahmad, S.Pd., seperti dari Kurikulum yang
digunakan yaitu KTSP, strategi pembelajaran yaitu selama proses pembelajaran
berlangsung, RPP dari mata pelajaran tersebut, media yang digunakan dalam
proses pembelajaran untuk memudahkan guru dalam memberikan materinya, dan
sistem evaluasi yang digunakan guru dalam penilaian siswa siswi guna melihat
kemampuan yang dimilikinya.
4.2. Saran
Dalam
laporan Magang II ini penelaah memberikan hal-hal
penting yang harus diperhatikan guru dalam proses belajar mengajar, oleh karna
itu mahasiswa/mahasiswi calon tenaga pendidik harus lebih objektif dalam melakukan kegiatan sebagai seorang guru dan
dengan ini dapat memberikan pengetahuan ataupun informasi yang berguna dan dapat
dijadikan sebuah referensi yang diperlukan
guna memberikan pembelajaran yang efektif untuk menunjang kemampuan siswa dalam
memahami dan mengerti mata pelajaran yang disampaikan, dan juga penyelanggara
Magang 2 ini baik tingkatan Fakultas maupun program studi saya harapkan untuk
Magang 2 selanjutnya agar lebih efektif lagi baik dari waktu pelaksanaan,
pembekalan, dan prosedur kegiatan agar terlaksananya kegiatan Magang 2 secara
baik.
DAFTAR PUSTAKA
Kemendikbud RI. 2006. Kurikulum
KTSP. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta : Kemendikbud RI
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan RI , 2015. Data referensi Kemendikbud (Online) (http://referensi.data.kemendikbud.go.id/index11.php?kode=196209&level=3/) diakses pada tanggal 1 Oktober 2015 pukul 17.35 WITA
Lagi berselancar, nyari-nyari contoh laporan magang...
BalasHapusEh ketemu yang satu sekolah bedanya saya Smpnya. Thanks kak, sangat bermanfaat :)