Breaking News

Selasa, 14 Juni 2016

Contoh Laporan Magang II 2 (Dua) FKIP UNCP








Laporan
Pelaksanaan Magang 2



Di
SMA DATOK SULAIMAN PALOPO


Disusun Oleh
Muh. Yunus
 (1301401077)







Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Cokroaminoto Palopo
2015
Pengesahan Laporan Magang 2




Disusun Oleh
Muh. Yunus
  (1301401077)







Mengesahan,

Kepala Sekolah                                                           Dosen Pembimbing


(Muh. Saedi,S.Pd.,M.Pd)                               (Yuni Faryanti Sukri, S.Pd., M.Pd.)
NIP. 19680607 199903 1 014


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga proses penulisan laporan Magang 2 ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Penulis sadar bahwa apa yang telah penulis peroleh tidak semata-mata hasil jerih payah penulis sendiri, tetapi hasil dari keterlibatan semua pihak. Oleh sebab itu penulis menyampaikan terimakasih kepada :
1.      Ibu Yuni Faryanti Sukri, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen pembimbing.
2.      Bapak Muh.Saedi, S.Pd.,M.Pd. selaku kepala sekolah SMA DATOK SULAIMAN PALOPO
3.      Ibu Nona Radhia Ahmad, S.Pd. selaku guru pamong.
4.      Bapak dan ibu guru serta staf/karyawan SMA DATOK SULAIMAN
5.      Pihak-pihak yang tidak dapat penulis sebutkan, atas bantuan, doa serta dukungannya yang berhubungan dengan pelaksanaan Magang 2 ini.
Semoga bantuan dan dukungan yang telah diberikan mendapatkan pahala dan hikmah dari Tuhan Yang Maha Esa.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan Magang 2 ini.
Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Palopo, september 2015

Penyusun  

DAFTAR ISI
Sampul
Lembar pengesahan
Lembar Penilaian
Kata Pengantar
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
1.1     Visi Misi Sekolah ................................................................................   1
1.2     Profil Sekolah......................................................................................  1

BAB II PROSEDUR PELAKSANAAN
2.1    Jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan Magang 2 .................   3
2.2    Langkah-langkah menelaah................................................................   3
BAB III HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
3.1   Hasil Pelaksanaan................................................................................   5
3.1.1 Deskripsi hasil telah kurikulum....................................................   5          
3.1.2 Deskripsi hasil telaah strategi pembelajaran yang digunakan
         guru..............................................................................................   7
3.1.3 Deskripsi hasil telaah rancangan RPP guru.................................   7
3.1.4 Deskripsi hasil telaah media pembelajaran yang digunakan
         guru..............................................................................................   8
3.1.5 Deskripsi hasil telaah sistem evaluasi pembelajaran yang
         digunakan guru............................................................................   8
3.2   Pembahasan.........................................................................................  8
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
4.1  Kesimpulan...........................................................................................   11
4.2  Saran.....................................................................................................   11
DAFTAR PUSTAKA

BAB  I

PENDAHULUAN
1.1    Visi Misi Sekolah

VISI :
Menjadi Pondok Pesantren yang berkualitas,mandiri  dan berdaya saing serta menjadi pusat unggulan pendidikan islam dan pengembangan  masyarakat dalam upaya malahirkan generasi muslim yang beriman berilmu dan beramal serta  menjadi warga  Negara yang bertanggung jawab .

MISI :
a.       Menyiapakan tenaga kerja  yang memilih  iman dan taqwa
b.      Jujur dan dapat dipercaya untuk mengisi keperluan pembangunan
c.       Menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan professional dalam bilang agama dan pengetahuan umum.
d.      Penghasilan tamatan yang mampu mandiri, mampu memberikan bekal keahlian profesi untuk meningkatkan martabat dirinya.
e.       Mengubah status manusia menjadi manusia asset bangsa dan agama
f.       Menjadi salah satu pusat menetapkan kompetensi ilmu dan iman

1.2    Profil Sekolah
a.       Nama Sekolah            : SMA DATOK SULAIMAN PALOPO
b.      NDS                           : S. 090540010
c.       Status                         : Swasta dibawah Diknas
d.      Lokasi Sekolah Putra : Jl. Dr. Ratulangi No. 16 Kec. Bara, Kota Palopo
   Putri             : Jl. Puang Haji Daud No. 5 Kec. Wara, Kota Palopo
e.       Letak Geografis         : 3°, 00’ 23 Lintang Selatan 120° 11, 53.6 Bujur Barat
f.       Kode Pos                    : 91914

g.       No Telp                     : (0471) 21476
h.      Tahun Berdiri             : 1985
i.        Kegiatan PBM           : Pagi
j.        Kepala Sekolah
·         Nama                          : Muh. Saedi, S.Pd., M.Pd.
·         NIP                             : 19680607 199103 1 014
·         Pendidikan Terakhir   : Magister (S2)



















BAB II
PROSEDUR PELAKSANAAN
2.1 Jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanan magang 2
Jumlah Siswa yang terdapat pada SMA Datok Sulaiman palopo sebanyak 218 siswa dari 9 kelas.
Tempat pelaksanaan magang 2 yaitu di SMA Datok Sulaiman Palopo putrid.
Waktu pelaksanaan magang 2 pada SMA Datok Sulaiman Palopo yaitu dimulai pada tanggal 23 septerber 2015 dan berakhir pada 30 september 2015.

2.2 Langkah-langkah menelaah
Langkah langkah yang saya gunakan dalam menelaah yaitu:
            1. Kunjungan Ke_1
       Pada hari rabu, 23 september 2015, Saya Melihat lihat stuasi di lingkungan sekolah SMA DATOK SULAIMAN PALOPO
2. Kunjungan Ke_2
       Pada hari jumat tanggl 25 september 2015,saya    Wawancara dengan  wakaset kurikulum tentang magang 2
             3. Kunjungan Ke_3
   Pada hari  sabtu, tanggal  26 september 2015,saya melihat     visi dan misi  di sekolah SMA DATOK SULAIMAN PALOPO
             4. Kunjungan Ke_4
            Pada hari senin ,tanggal 28 september 2015 saya             wawancara dengan guru    pamong
              5. Kunjungan Ke_5
            Pada hari selasa ,tanggal 29 september,saya mengambil visi dan misi di kantor SMA DATOK SULAIMAN PALOPO



              6. Kunjungan Ke_6
Pada hari rabu ,tanggal 30  september  2015,saya mengambil surat tugas magang 2 dan lembaran observasi guru pamong  mahasiswa magang  2.


























BAB III
HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
3.1 Hasil Pelaksanaan
3.1.1 Diskripsi Hasil Telaah Kurikulum
                 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam sejarah kurikulu m di Indonesia, kita mengenal beberapa kurikulum. Pada Masa orde lama, di kenal kurikulum 1947, 1952 dan 1964. Masa orde baru muncul kurikulum 1975 yang disempurnakan menjadi Kurikulum CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) dan disempurnakan lagi menjadi kurikulum 1994. Era reformasi, muncul kurikulum 2004, yang diberi nama kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Selama masa berlakunya, KBK ini mengalami perubahan pada pola standar isi dan standar kompetensi sehingga melahirkan kurikulum baru yang diberi nama Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Beberapa hal yang perlu dipahami dalam kaitannya dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah sebagai berikut:
·          KTSP dikembangkan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan, potensi dan karakteristik daerah, serta sosial budaya masyarakat setempat dan peserta didik.
·          Sekolah dan komite sekolah mengembangkan kuri­kulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan, di bawah supervisi dinas pen­didikan kabupaten/kota, dan departemen agama yang bertanggungjawab di bidang pendidikan.
·          Kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk setiap program studi di perguruan tinggi dikembangkan dan ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.

3.1.1.1 Landasan Filsafat
Struktur keilmuan dan perkembangan psikologis siswa. Sehingga berdasar pada kompetensi lulusannya
3.1.1.2 Landasan Yuridis atau Hukum
Sedangkan KTSP dilandasi oleh undang-undang dan peraturan pemerintah sebagai berikut:
·     Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
·     Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
·     Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
·     Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
·     Permendiknas No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksana­an permendiknas no. 22 dan 23.
3.1.1.3 Prinsip KTSP
Hampir sama dengan KBK, KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip-­prinsip berikut:
a.           berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepen­tingan peserta didik dan lingkungannya;
b.           beragam dan terpadu;
c.            tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
d.           relevan dengan kebutuhan kehidupan;
e.           menyeluruh dan berkesinambungan;
f.            belajar sepanjang hayat;
g.           seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

Bahwa beberapa faktor SMA Datok Sulaiman Palopo menggunakan KTSP sebagai kurikulum sekolahnya karna :
a.         Kebijakan Pemerintah, yaitu pemerintah sebagai pelaksana dari Peraturan yang ada untuk menerapkan Kurikulum KTSP ke sekolah-sekolah tepatnya yang ada di Kota Palopo
b.         Mayoritas  Guru belum siap menerapkan Kurikulum 2013, disebabkan kebanyakan guru belum mendapat sosialisasi dari Implementasi kurikulum 2013 ini, oleh sebab itu dalam kurikulum 2013 menjadi permasalahan guru dalam mengajar.
3.1.2 Deskripsi Hasil Telaah Strategi Pembelajaran
 Strategi Pembelajaran yang dilakukan oleh Guru Pamong mata pelajaran PPKn di SMA Datok Sulaiman terbagi atas Pendahuluan, Inti Kegiatan, dan Penutup.
Di Inti kegiatan PBM
·      Eksplorasi
·      Elaborasi
·      Konfirmasi
Adapun Metode yang digunakannya dalam proses pembelajaran antara lain :
a.       Ceramah
b.      Diskusi
            
3.1.3 Deskripsi Hasil Telaah rancangan RPP guru
    Rancangan pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Adapun didalam RPP tersebut mempunyai beberapa isi yaitu, Nama sekolah, Mata pelajaran, Kelas/semester, Standar kompetensi, Kompetensi dasar, Alokasi waktu, Tujuan pembelajaran, Materi, Model dan metode pembelajaran, dan Penilaian
Di dalam pembelajaran tepatnya mata pelajaran PPKn di SMA Datok Sulaiman Palopo RPP pada kompetensi dasar mendeskripsikan pengertian dan prinsip prinsip Budaya Politik, dan Demokrasi dapat dilihat dari kegiatan pembelajarannya.


3.1.4 Deskripsi Hasil Telaah media pembelajaran yang digunakan guru
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu Proses Belajar Mengajar.
Yang digunakan Guru didalam Proses Belajar Mengajar yaitu :
·           Buku PKn dari berbagai penerbit
·           Power Point
·           Visualisasi Gambar
·           Media Cetak

3.1.5 Deskripsi Hasil Telaah sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan guru
       Yang digunakan Guru PPKn di SMA Datok Sulaiman Palopo untuk mengevaluasi atau penilaian peserta didik yaitu :
·           Kognitif
·           Afektif
Apabila siswa tidak mencapai nilai standar dalam mata pelajarannya akan dilakukan pengayaan dan remedial.

3.2. Pembahasan
                 Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu, yang dipakai SMA Datok Sulaiman Palopo yaitu KTSP (kuri­kulum tingkat satuan pendidikan) dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan, di bawah supervisi dinas pen­didikan kabupaten/kota, dan departemen agama yang bertanggung jawab di bidang pendidikan, karna Kurikulum 2013 yang sempat dijadikan Kemendikbud sebagai kurikulum nasional akan tetapi masih banyak kesiapan yang belum dijalankan sekolah. Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PPKn di SMA Datok Sulaiman Palopo, Pendahuluan, Inti Kegiatan, dan Penutup.
Di Inti kegiatan PBM
·      Eksplorasi
Siswa yang menguruaikan tujuan demokrasi, dan menjelaskan   budaya politik dan  demokrasi
·         Elaborasi
membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil
·         Konfirmasi
menyimpulkan tentang hal hal yang belum diketahui dan menjelaskannya
Adapun Metode yang digunakannya dalam proses pembelajaran antara lain :
Ceramah
Menyiapkan bahan ajar yang bersumber dari Buku, Internet dan Lingkungan
 Diskusi
membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk saling berdiskusi memberikan pendapatnya 
Di dalam pembelajaran tepatnya mata pelajaran PPKn di SMA Datok Sulaiman Palopo RPP pada kompetensi dasar mendeskripsikan pengertian dan prinsip prinsip Budaya Demokrasi dapat dilihat dari kegiatan pembelajarannya, media dalam proses pembalajaran PPKn di SMA Datok Sulaiman Palopo antara lain :
       Yang digunakan Guru didalam Proses Belajar Mengajar yaitu :
·           Buku PKn dari berbagai penerbit
Media ini sangat dibutuhkan pada proses belajar mengajar untuk mencari sumber pengetahuan dari berbagai penerbit yang berbeda
·           Power Point
Media yang diberikan Guru untuk menampilkan apa yang akan disampaikan Guru dalam mata pelajaran itu untuk membuat siswa bisa memperhatikan dan fokus dalam materi tersebut
·           Visualisasi Gambar
Memberikan siswa pengetahuan yang bisa dikembangkan dalam bentuk gambar yang sesuai dengan materi yang diberikan
·           Media Cetak
Sumber pengetahuan siswa yang berdasarkan hasil liputan atau sumber dari berbagai pihak sebagai acuan untuk memahami materi yang diberikan
Dan Sistem evaluasi yang digunakan pada proses pembelajaran mata pelajaran PPKn di SMA Datok Sulaiman menggunakan dua jenis penilaian yaitu
·            Kognitif
Penilaian yang dilakukan Guru untuk mengevaluasi siswanya dari pengetahuan yang dimilikinya tentang mata pelajaran itu, seperti pemberian ulangan harian atau semester dalam bentuk LKS (Lembar Kerja Siswa), ataupun instrumen penilaian lainnya
·           Afektif
Penilaian yang dilakukan Guru untuk mengevaluasi siswanya dari sikap yang dimilikinya pada proses pembelajaran berlangsung, apalagi pada mata pelajaran PPKn, Guru menilai bukan hanya dari sikap akan tetapi perilaku yang dimiliki siswanya baik berpakaian, cara berjalan, bergaul dengan teman temannya dan lain lain
Apabila siswa tidak mencapai nilai standar dalam mata pelajarannya akan dilakukan pengayaan dan remedial, maksudnya siswa diberikan kembali dalam soal ulangannya kembali yang dimana nomor soal yang dinilai tidak sesuai standar penilaian yang ada akan diberikan untuk dikerjakan kembali, dan nilai yang remedial akan berbeda dengan nilai siswa yang tidak ada pengulangan atau remedial






BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1. Kesimpulan
            Dari isi laporan Magang II diatas dapat saya simpulkan sebagaimana isi yang ada didalam Laporan ini, saya dapat mengetahui pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SMA Datok Sulaiman, tepatnya pada mata pelajaran PPKn yang diberikan oleh Ibu Nona Rodhia Ahmad, S.Pd., seperti dari Kurikulum yang digunakan yaitu KTSP, strategi pembelajaran yaitu selama proses pembelajaran berlangsung, RPP dari mata pelajaran tersebut, media yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk memudahkan guru dalam memberikan materinya, dan sistem evaluasi yang digunakan guru dalam penilaian siswa siswi guna melihat kemampuan yang dimilikinya.

4.2. Saran
      Dalam laporan Magang II ini penelaah memberikan hal-hal penting yang harus diperhatikan guru dalam proses belajar mengajar, oleh karna itu mahasiswa/mahasiswi calon tenaga pendidik harus lebih objektif dalam  melakukan kegiatan sebagai seorang guru dan dengan ini dapat memberikan pengetahuan ataupun informasi yang berguna dan dapat dijadikan sebuah referensi yang diperlukan guna memberikan pembelajaran yang efektif untuk menunjang kemampuan siswa dalam memahami dan mengerti mata pelajaran yang disampaikan, dan juga penyelanggara Magang 2 ini baik tingkatan Fakultas maupun program studi saya harapkan untuk Magang 2 selanjutnya agar lebih efektif lagi baik dari waktu pelaksanaan, pembekalan, dan prosedur kegiatan agar terlaksananya kegiatan Magang 2 secara baik.



DAFTAR PUSTAKA

Kemendikbud RI. 2006. Kurikulum KTSP. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta : Kemendikbud RI
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI , 2015. Data referensi Kemendikbud (Online) (http://referensi.data.kemendikbud.go.id/index11.php?kode=196209&level=3/) diakses pada tanggal 1 Oktober 2015 pukul 17.35 WITA
 

1 komentar:

  1. Lagi berselancar, nyari-nyari contoh laporan magang...
    Eh ketemu yang satu sekolah bedanya saya Smpnya. Thanks kak, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus

Designed By